Pengembangan Model Bisnis Lokal di Era Digital: Tinjauan Terintegrasi dalam Konteks Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen Nusantara

Sudarmin moonai, Serlin serang, Masdar Mas'ud

Abstract


Pengembangan Model Bisnis Lokal di Era Digital: Tinjauan Terpadu dalam Konteks Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen Nusantara" merupakan studi yang bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dan strategi pengembangan model bisnis lokal di tengah transformasi digital saat ini. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif diterapkan dengan melakukan wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan bisnis lokal di nusantara. Selain itu, kajian literatur yang komprehensif juga dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang peran teknologi digital dalam pengembangan bisnis lokal. Hasilnya menunjukkan bahwa teknologi digital telah membuka peluang baru bagi bisnis lokal, seperti peningkatan efisiensi operasional dan perluasan pasar. Namun, tantangan seperti keamanan data dan kesenjangan digital juga menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, integrasi strategis aspek ekonomi, akuntansi, dan manajemen sangat penting dalam menghadapi tantangan tersebut. Studi ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami dinamika bisnis lokal di era digital dan memberikan panduan bagi pemangku kepentingan bisnis, pemerintah, dan lembaga pendidikan untuk mengembangkan langkah-langkah strategis yang tepat dalam mendukung pertumbuhan bisnis lokal yang berkelanjutan di nusantara.

Kata Kunci: Pengembangan model bisnis lokal, era digital, transformasi digital, bisnis lokal, teknologi digital

Full Text:

Download PDF

References


Aaltola, P. (2018). Investing in strategic development: Management control of business model and managerial innovations. Qualitative Research in Accounting & Management, 15(2), 206-230.

Irawanto, D. W. (2021, December). Integrated Management System as a Tool to Improve Corporate Sustainability Performance in the Pharmaceutical Manufacturing Industry in Indonesia. In International Conference on Innovation and Technology (ICIT 2021) (pp. 107-115). Atlantis Press.

Jayasiri, N. K., Kumarasinghe, S., & Pandey, R. (2023). 12 years of integrated reporting: A review of research. Accounting & Finance, 63(2), 2187-2243.

Kristanto, A. B., & Cao, J. (2024). The landscape of accounting-related research in Indonesia: mapping distinctive settings and future research agenda. Journal of Accounting Literature.

Moore, C. M., & Birtwistle, G. (2004). The Burberry business model: creating an international luxury fashion brand. International Journal of Retail & Distribution Management, 32(8), 412-422.

Natalia, I. (2022). Refleksi Yudhistira dalam tanggung jawab sosial dan akuntansi lingkungan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 13(1), 42-59

Onetti, A., Zucchella, A., Jones, M. V., & McDougall-Covin, P. P. (2012). Internationalization, innovation and entrepreneurship: business models for new technology-based firms. Journal of Management & Governance, 16, 337-368.

Reymen, I., Berends, H., Oudehand, R., & Stultiëns, R. (2017). Decision making for business model development: a process study of effectuation and causation in new technology‐based ventures. R&d Management, 47(4), 595-606.

Saminem, S. S., & Mohamad, M. (2022). Integrated reporting in Indonesia: Issues, Current Trend, and Future Prospects. Sciences, 12(12), 1187-1193.

Syamil, A., Anggraeni, A. F., Martini, R., Hernando, R., Rachmawati, R., Evi, T., & Rusgowanto, F. H. (2023). AKUNTANSI MANAJEMEN: Konsep-konsep dasar Akuntansi Manajemen Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Tallman, S., Luo, Y., & Buckley, P. J. (2018). Business models in global competition. Global Strategy Journal, 8(4), 517-535

Tobing, K. S. L., Lantana, D. A., Digdowiseiso, K., & Jamaludin, N. (2023). The Implementation of Payroll Accounting Information Systems In Indonesia: A Systematic Literature Review. International Journal Of Economics, Management, Business, And Social Science (Ijembis), 3(2), 577-591.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics