Implementasi Program Pemasaran Pariwisata Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Pada Objek Pulau Salah Namo

Delimatun Sak` dia, Dina Octavia

Abstract


Dengan potensi wisata yang luar biasa, pariwisata adalah salah satu bisnis andalan pemerintah kabupaten Batubara. Pulau Salah Namo adalah salah satu tempat wisata terbaik di Kabupaten Batubara. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, pemerintah harus melakukan program pemasaran pariwisata yang dilakukan Pemerintah Provinsi Batubara. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan teknik analisis data model interaktif oleh Milles dan Huberman, Saldana, dan data dikumpulkan melalui dokumentasi langsung di lapangan, observasi, dan wawancara. Kajian yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batubara menunjukkan bahwa program pemasaran pariwisata di Pulau Salah Namo secara umum berhasil dan penggunaan teknologi maju telah digunakan secara efesien dalam pemasarannya.
Kata Kunci: pariwisata, implementasi, wisatawan

Abstract
With tremendous tourism potential, tourism is one of the mainstay businesses of the Batubara district government. Salah Namo Island is one of the best tourist attractions in Batubara Regency. Therefore, to increase tourist visits, the government must carry out a tourism marketing program carried out by the Batubara Provincial Government. This research is descriptive qualitative. This type of research is descriptive qualitative and interactive model data analysis techniques by Milles and Huberman, Saldana, and data collected through direct documentation in the field, observation, and interviews. The study conducted by the Batubara Regency Culture and Tourism Office shows that the tourism marketing program on Salah Namo Island is generally successful and the use of advanced technology has been used efficiently in its marketing.
Keywords: tourism, implementation, traveler

Full Text:

Download PDF

References


Amelia, T.I. 2019. Pengembangan Pulau Pandang Sebagai Objek Wisata Bahari Di Kabupaten Batubara. Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Pariwisata Universitas Sumatera Utara

Badan Pusat Statistika. 2019. Statistik Daerah Kabupaten Batu Bara 2019. Badan Pusat Statistik Kabupaten Batu Bara, Lima Puluh. pp.1-4

Brannen, Julia. 2019. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Bungin, Burhan, HM. 2020. Penelitian Kualitatif. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup;

Gaffar, Afan. 2019. Politik Indonesia Menuju Demokrasi. Yogyakarta : Pustaka Pelejar, Cetakan V. hal. 295;

Hadinoto, Kusudianto. 2019. Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: UI Press.

Hadiwijoyo, Suryo Sakti. 2022. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta: Graha Ilmu

Haedar Akib dan Antonius Tarigan. 2019. Artikulasi Konsep Implementasi Kebijakan: Perspektif, Model Dan Kriteria Pengukurannya, Jurnal Kebijakan Publik

Huda, Ni’matul. 2020. Pengawasan Pusat Terhadap Daerah Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: FH UII Press

H. Kodhyat. 2019. Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta. Grasindo

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2021. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc

Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael, Saldana, Johnny. 2020. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. SAGE. Publication

Penterjemah Imam Safe’i. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Samarinda bekerja sama dengan Pustaka Pelajar

Suharsimi. 2021. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Zulfidah Halima. (2019). Pengembangan Pulau Salah Namo Sebagai Objek Wisata Bahari Di Kabupaten Batubara. Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Pariwisata Universitas Sumatera Utara




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.7002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics