Pengaruh Harga, Product Quality dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Nobby Store di Samarinda

Alya Meirisa Riyadi, Annisa Wahyuni Arsyad

Abstract


Konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha. Ketika konsumen berkeinginan membeli suatu merek, maka selanjutnya adalah membuat keputusan dan melakukan pembelian yang sebenarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga, Product Quality dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian yang dalam hal ini adalah produk Nobby yang merupakan merek bisnis clothing line pakaian muslim. Penelitian ini menggunakan teori Bauran Pemasaran dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pelanggan Nobby di Samarinda. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dalam menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Product Quality berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen Nobby di Samarinda melakukan keputusan pembelian produk Nobby didasarkan pada kualitas produk dan citra mereknya, sehingga memicu terjadinya pembelian produk Nobby, serta tidak ada faktor harga yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Nobby.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Agum, A. (2024). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN BEKAS/THRIFT DAN DAMPAKNYA TERHADAP UMKM LOKAL DI BANDAR LAMPUNG MENURUT ETIKA BISNIS ISLAM (Studi pada Konsumen Thrift Kota Bandar Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Alfa, A. A. G., Rachmatin, D., & Agustina, F. (2017). ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEPUTUSAN KONSUMEN DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELING PARTIAL LEAST SQUARE. Ejournal.Upi.Edu, 59–71. https://doi.org/10.1109/IRMMW-THz.2014.6956015

Amilia, suri. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Biteship. (2023). 8 Jenis Bisnis Fashion Menjanjikan yang Bisa Pemula Coba. Biteship.

Cinthya. (2021). Aspek Pemasaran, Faktor Penting Keberhasilan Perusahaan. Accurate. https://accurate.id/marketing-manajemen/aspek-pemasaran/

Cintya, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Produk “Supermi” di Kecamatan Genuk Semarang). Skripsi, 106.

Data Industri. (2022). Pertumbuhan Industri Tekstil dan Pakaian Jadi, 2011 – 2022.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Fakhrudin, A. (2016). Pengaruh Performance Quality, Reputasi Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 65–83.

Fure, F., Lapian, J., & Taroreh, R. (2015). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI J.CO MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 367–377.

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2013). Partial Least Squares Structural Equation Modeling: Rigorous Applications, Better Results and Higher Acceptance. Long Range Planning, 46(1–2), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.001

Hanifati, F., & Djoko Waluyo, H. (2018). PENGARUH BRAND IMAGE,DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Gracia Skin Clinic Semarang). 1–7.

Hidayati, K. F. (2022). Strategi Penetapan Harga: Arti, Cara Menentukan, Manfaat, dan Jenis-Jenis. Glints. https://glints.com/id/lowongan/strategi-penetapan-harga/#.Y_N_MXZBzIU

Imanudin. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Pt. Citra Makmur Sejahtera. Jurnal Inaba, 20(2), 248–253.

Juliandi, A. (2018). Modul Pelatihan Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLs. Jangan Belajar, 1(was), 1.

Kelana, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Jasa Penggunaan Aplikasi Digital Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Sakti Global Solusindo. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 10(2), 105–111. https://doi.org/10.52643/jam.v10i2.1132

Kurniawan, B. (2022). Bauran Pemasaran: Pengertian, Konsep, Dan Manfaatnya Untuk Bisnis. Komerce. https://komerce.id/blog/bauran-pemasaran-adalah/

Laily, I. N. (2022). Pengertian Penelitian Kuantitatif, Karakteristik dan Jenisnya. Katadata. https://katadata.co.id/iftitah/ekonopedia/6295749c7fdd7/pengertian-penelitian-kuantitatif-karakteristik-dan-jenisnya

Landa, R. (2005). Designing Brand Experiences (Creating P). Cengage Learning.

Macroscope. (2023). Kenali Perbedaan Istilah Clothing Line, Distro, dan Apparel. Macroscope.

Malonda, A. D., & Stephen, S. E. (2020). Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D ’ Stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2), 395–409.

Mayanti, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan User Terhadap Penerapan Quick Response Indonesia Standard Sebagai Teknologi Pembayaran Pada Dompet Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 123–135. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i2.2413

Muhtar, F. S. (2024). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DAN AFFILIATE MARKETING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. NOKHA INTERNASIONAL GRUP BANDUNG. Universitas Pasundan.

Mulia, E. (2023). Mengenal Apa Itu Bisnis Clothing Line beserta Strategi untuk Mengembangkannya. Equiperp.

Nasrudin, A. (2022). Citra Merek: Arti, Contoh, Pentingnya, dan Cara Membangunnya. Cerdasco. https://cerdasco.com/citra-merek/

Nisa, A. Z. (2024). 24 Rekomendasi Merk Gamis Wanita Terbaik (Terbaru 2024). Ceklist.Id.

nobby.co.id. (2022). Nobby.Co.Id. https://nobby.co.id/product.php?ip=61gFFnFBf

Perangsada, B. R. (2022). Branding Usaha Made Badera.

Pilipus, R. R., Aransyah, M. F., & ... (2021). Pengaruh Wom (Word of Mouth), Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Thai Tea Pada Dum Dum …. JAMBURA: Jurnal Ilmiah …, 4(1), 61–72. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/10463%0Ahttps://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/download/10463/2900

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Putri, H. A. (2024). Analisis Lingkungan terhadap Perilaku Konsumen pada Unit Usaha di Pondok Pesantren Fadlillah Waru Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Dan Kajian Keislaman.

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2.

RAHMAWATI, A. S. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE, DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA SURAKARTA. IAIN SURAKARTA.

Rosa Indah, D., Afalia, I., & Maulida, Z. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 83–94. https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1983

Sani, S. A., Silalahi, P. R., Alkahfi, M. A., & Harahap, A. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Sistem Online Trading Berbasis Syari’ah: Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(4), 1623–1637. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i4.1864

Sari, I., Anindita, R., & Setyowati, P. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. Habitat, 29(2), 57–64. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7

Setianingsih, A. (2019). Peran Strategi Pemasaran Nobby Hijab Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Nobby Hijab Cabang Kediri) [IAIN Kediri]. http://etheses.iainkediri.ac.id/1635/

Suryadi, S. (2016). PENERAPAN ANALISIS SOAR DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS CLOTHING LINE PARASITE CLOTH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9.

Swasta, B. (2002). Manajemen Pemasaran. IAIN Tulungagung.

Widodo, A. W. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK ES KOPI SUSU DI SWAG COFFEE CO., KOTA MALANG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Zero Waste. (2019). Mengenal Fast Fashion dan Dampak yang Ditimbulkan. Zero Waste. https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/mengenal-fast-fashion-dan-dampak-yang-ditimbulkan/

Zulfikar, F. (2021). Inflasi: Pengertian, Faktor Penyebab, dan Dampaknya. DetikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5592665/inflasi-pengertian-faktor-penyebab-dan-dampaknya/amp




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.7027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics