Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha

Awan Kurniawan, Netti Nurlenawati, Flora Patricia Anggela

Abstract


Keputusan pembelian adalah proses mental dan tindakan yang dilakukan oleh konsumen untuk memilih, membeli, serta menggunakan produk atau layanan tertentu. Terdapat pergeseran dalam preferensi konsumen terhadap satu merek ke merek lain, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menjelaskan kualitas produk, citra merek dan keputusan pembelian serta pengaruh secara parsial maupun simultan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif dilaksanakan selama enam bulan, dimulai dari bulan Februari hingga Juli 2023. Lokasi penelitian ini di UBP Karawang. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa UBP Karawang dengan pembedaan yang menggunakan sepeda motor Yamaha atau pernah menggunakan sepeda motor Yamaha, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Untuk menentukan ukuran sampel pada populasi yang tidak diketahui dan diubah-ubah, perhitungan menggunakan rumus Lemeshow. Hasil Korelasi kualitas produk dengan citra merek sebesar (0,921) dengan derajat hubungan korelasi sempurna dan bentuk hubungan positif. Adapun nilai koefiensi kualitas produk 0,318 dan citra merek 0,624. Artinya kedua variabel tersebut memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji sebagian kualitas pyx1 produk nilai sig. (0,02) < α (0,05) dan thitung (3,142) > t tabel (2,006) maka Ho tolak. Sedangkan. pyx2 citra merek = nilai sig. (0,00) > α (0,05) dan t hitung (6,163) > ttabel (2,006) maka Ho tolak. Adapun uji simultan nilai F sebesar 27,6% dan signifikansi kurang dari 0,05.
Kata Kunci: Kualitas Produk; Citra Merek; Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Alfin, A. (2021). Analisis Strategi Umkm Menghadapi Krisis Di Era Pandemi Covid 19. JIP Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8).

Ediyanto. (2019). Hubungan Antara Atmosfer Restoran Dan Impulsive Buying Pada Remaja Di Restoran Cepat Saji. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018 “Pemberdayaan dan Penguatan Daya Saing Bisnis Dalam Era Digital,” 689–705.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12 ed.). Jakarta: Indeks.

Kotler, P. T., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing, 18th Global Edition (18 ed.). New Jersey: Pearson Education.

Mullins, J. W., Orville, C., Larreche, J. C., & Boyd, H. W. W. (2005). Marketing Management : A Strategic, Decision Making Approach (6 ed.). New York: McGraw-Hill.

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, 4(2), 60–69.

Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai PemediSari, Halim, TSari, Halim, Tanjung, Permadi, Prasetio, Hasnidar, Dewi, Arfandi, Sudarso, & Hasyim. (2021). MaLindawati, S., Hendri, M., & Hutahaean, J. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374.

Pasaribu, V. L. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS. Business Management Journal, 18(1), 37. https://doi.org/10.30813/bmj.v18i1.2829

Saputro, E. A., & Widiastuti, E. (2020). Analisa Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Di Kota Surakarta. Surakarta Management Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.52429/SMJ.V2I1.399

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Yuli, H., & Pradita, S. R. (2017). Effect of Brand Image and Perceived Price Towards Purchase Decision in Kentucky Fried Chiken (KFC). Journal of Marketing and Consumer Research, 36(9), 13–21.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.7373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics