Peran Empati untuk Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Universitas Andalas Kampus Payakumbuh
Abstract
Full Text:
Download PDF (Bahasa Indonesia)References
Ali, F., Dey, B. L & Filieri, R. (2015). an Assessment of Service Quality and Resulting Customer Satisfaction in Pakistan International Airlines: Findings from Foreigners and Overseas Pakistani Customers. International Journal of Quality & Reliability Management. 32 (5): 486-502
Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2012). Perilaku prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi, Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 33–4.
Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau Dari Empati Dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, I (1), 33–42.
Asri Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta. 2004.
Assauri, S. (2003) Customer Service yang Baik Landasan Pencapaian Customer Satisfaction, Dalam Usahawan, No. 01, XXXII, Januari, hal.25- 30. Jakarta.
Arfamaini, R, (2016). Pelaporan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Menggunakan Global Reporting Initiative (GRI). E-Journal Manajemen Kinerja. 2(2).
Andriani, S., & Sunarto. (2009). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di badan pelayanan kesehatan rumah sakit umum daerah kabupaten magelang. Jurnal Kesehatan, 2(1), 71-79.
Adiawati, S. (2017). Kontrak Psikologis dan Kepuasan Kerja Karyawan. E-journal Imstitut Bisnis Nusantara. 20(3).
Bergin, S. (1997). Communication is the Key to Customer Success. Transportation & Distribution (March), p. 82-84
Boyatzis, R., Goleman, D & Rhee, K. (2000). Clustering Competence In Emotional Intelligence: Insights From The Emotional Competence Inventory (ECI). In R. Bar-On and J.D.A. Parker (Eds.), Handbook of emotional intelligence. San Francisco: Jossey-Bass.
Boyatzis, R. E & Ron, S. (2001). Unleashing the Power of Self Directed Learning, Case Western Reserve University. USA: Cleveland, Ohio
Brammer, L. M., MacDonald, G. (2003). The helping relationship. Process and skills. USA: Pearson Education, Inc
Cassels, T. (2010). The Role of Culture in Affective Emphaty: Cultural and Bicultural Differences. Management Research News. 10: 306–329.
Choi, et al. (2011). Molecular Immunology. www.elsevier.com/locate/molimm . 48: 2207-2213.
Everret M. Rogers. (2003). Diffusion of Innovation. 5th edition. New York: Free Press
Fatona, S. (2010). Kualitas Jasa yang Mempengaruhi Loyalitas dan Relevansi terhadap Kepuasan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa. Jurnal Dinamika Manajemen. 1 (1): 41–46
Fitzsimmons, J. A., & Fitzsimmons, M. J. (2010). Service Management: Operations, Strategy, Information Technology. Perpustakaan Telkom University
Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2002). Emotional lntelligence (Terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Golemen, D. (2000). Working With Emotional Intellegent. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D, (2005). Emotional Intelligence, alih bahasa T.Hermaya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Goleman, D. (1997). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional); Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Harmon, Michael M., & Richard T. M. (2014). Teori Organisasi Untuk Administrasi Publik. Bantul: Kreasi Wacana.
Huberman, M. B. M. dan A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru.Jakarta :UI PRESS.
Julita (2011). Menuju Kepuasan Pelanggan melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 1 (1): 7–18.
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Edisi Pertama, Jakarta:Penerbit Salemba Empat.
Kasnaini, Sukri P, & Reza A A (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Umum Instalasi Rawat Inap RSUD La Temmala Soppeng. Jurnal Mitrasehat.
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Nafanu, S., & Afoan, F. (2021). Analisis Nilai Tambah Produk Olahan Singkong Pada Ikm Di Kabupaten Timor Tengah Utara. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 3(2), 483-503.
Mustofa, A., Wardani, E. M., Sobandi, K. R., Amri, U., Hidayat, H., & Habibie, M. Daftar isi.Atmawati, R., & Wahyuddin, M. (2004). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Matahari Departement Store di Solo Grand Mall.
Mercer, S.W. dan Reynolds, W.J. (2002). Empathy and Quality of Care. British Journal of General Practice. Vol.52 (9-13)
Nurhasma, N., Rijal, A. S., & Azis, R. (2021). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rsup Dr Tadjuddin Chalid Makassar. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 90
Nirwana (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa, Penerbit Dioma, Malang
Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R.K. (2017). Kemampuan empati anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia.
Nurhikmah H, Abdul Saman, Pattaufi, S., & Mawarni, S. (2023). Blended Learning and Computers Self-efficacy Towards Students Learning Outcomes. Proceedings of the Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022
Parasuraman, R., Warm, J. S., & See, J. E. (1998). Brain systems of vigilance.
Pearson, M. C. L. (2008). Sistem Informasi Manjemen. Jakarta: Salemba Empat
Kotler, P Keller, K L. (2008). Marketing Management, Thirteenth edition. Erlangga.
Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta
Saryono (2010). Metode Penelitian Kualitatif, PT. Alfabeta, Bandung.
Setianto, G., & Wartini, S. (2017). Pengaruh Bukti Fisik Dan Empati Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 6(4), 367-376.
Supriyanto, Y dan Harry S. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Kariadi Semarang.
Tjiptono, F. (2007). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Triastity, R & Triyaningsih, T. (2013). Pengaruh Tangible, Reliability, Responsivness, Asurance and Emphaty terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 13 (2): 151– 157
Tjiptono, F. & Gregorius Ch. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: C.V ANDI.
Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi. Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2005. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Utami, H. Y. (2014). Pengaruh Tangibles, Emphaty, Reliability, Responsiness and Assurance terhadap Loyalitas Pelanggan Berbelanja pada Toko Tita di Libuk Buaya Kota Padang. Journal
Zikmund, William G. et.al. (2003). Customer Relationship Management: Integrating Marketing Strategy and Information Technology. New Jersey: John Wiley and Sons.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.7386
Refbacks
- There are currently no refbacks.