Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Lazada Di Kota Batam

Muhammad Jamal Mansur, Winda Evyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong loyalitas pelanggan terhadap Lazada di Kota Batam, yaitu kualitas citra merek, kepercayaan, dan kualitas produk. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi yang akan memanfaatkan aplikasi Lazada di Kota Batam pada tahun 2024 bukanlah sesuatu yang dapat ditentukan secara pasti. Sebagai bagian dari metode pengambilan sampel, rumus Lameshow digunakan untuk menghasilkan total 100 responden melalui penggunaan purposive sampling. Untuk melakukan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis, analisis data dilakukan dengan menggunakan prosedur yang mencakup regresi linier berganda. Hasil penyelidikan menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa citra merek berkontribusi kepada loyalitas pelanggan sebesara 21,2%. Loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kepercayaan sebesar 39,9%. Kontribusi sebesar 19,3% terhadap loyalitas pelanggan diberikan oleh kualitas produk. Temuan dari analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwasanya secara umum variansi loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh citra merek, kepercayaan, dan kualitas produk, dengan berkontribusi 71,5% dari total keseluruhan. Pada hasil dari uji t dan uji F, citra merek, kepercayaan, dan kualitas produk Lazada di Kota Batam mempunyai pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Citra Merek, Kepercayaan, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan.

Full Text:

Download PDF

References


Andrew, & Junaidi, A. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Promosi GoFood terhadap Loyalitas Pelanggan. Prologia, 8(1), 87–96.

Balaw, P. Y. P., & Susan, M. (2022). the Effect of Brand Image and Brand Trust on Brand Loyalty in Persib Bandung Football Club. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 15(2), 99–102. https://doi.org/10.23969/jrbm.v15i2.3984

Diansyah, R. J., & Chrismardani, Y. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Motor Honda Vario Di Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Jayakarta, 5(2), 113–128.

Firanazulah, F., Vinny, D. R. S., Anggi, N. J. S., & Ajatt, S. (2021). Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 18(1), 1–9.

Franky, & Evyanto, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Loyalitas Pembeli Di Aplikasi Jd.Id Pada Masyarakat Kota Batam. Scientia Journal, 5(2).

Lubis, M. D. P., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kemudahan , Keamanan , dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 209–218. https://doi.org/10.30812/target.v5i2.3021

Mardianti, & Suhardi. (2023). Pengaruh Kinerja Layanan , Kepercayaan , dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Ganda Nusantara Persada di Batam. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 365–375.

Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. Bin. (2021). E-Service Quality, Customer Trust and Satisfaction: Market Place Consumer Loyalty Analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(2), 237. https://doi.org/10.24252/minds.v8i2.23224

Nofrizal, N., Sucherly, S., Juju, U., Khairani, Z., Soviyanti, E., Hadiyati, H., & N, A. (2023). Can Product Quality Improve Purchase Decisions in E-Commerce and Social Media through Customer Loyalty and Trust? Binus Business Review, 14(2), 147–161. https://doi.org/10.21512/bbr.v14i2.8800

Pradiani, T., Suwandi, & Fathorrahman. (2022). The Influence of Service Quality and Product Quality Through Customer Satisfaction on Customer Loyalty at Vegetarian Restaurant Fortunate Taste Batam. International Journal of Social Science and Business, 7(2), 466–475. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i1.52995

Priyankha, M. A., & Sulistyawati, L. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ms Glow (Studi Pada Mahasiswa Fisip Upn “Veteran” Jawa Timur). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 2083–2090. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Siantry, A., Untari, D. T., & Andrian, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk , Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Karoseri PT . Adhikarisma Pratama. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 3(Maret), 211–222.

Subkhan, M., & Tuharea, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Wardah (Studi Kasus Konsumen di Wilayah Yogyakarta). Jurnal STIE Semarang, 15(1), 89–101.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); ke 2). Alfabeta.

Susanto, A., & Handayani, R. T. (2020). the Influence of E-Trust, User’S Experiences, and Brand Equity on Gen Z Female Customers E-Loyalty Towards Imported Cosmetics Brands Through Customers E-Satisfaction. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 294–300. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.25727

Thamrin, G., Bernarto, I., & Kawata, Y. (2020). The influence of trust, satisfaction, value, and brand image on loyalty. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 12(2), 168. https://doi.org/10.26740/bisma.v12n2.p168-185

Winata, W., & Evyanto, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Di Kota Batam. Scientia Journal, 3(2), 1–8.

Yulinda, A. T., & Iskandar, F. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas pelanggan Kitaro Pada Agen Kitaro Toko Arra Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 191–198. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3000




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.7663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics