PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI MEDIASI: STUDI TERHADAP PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RS UNAND

Nurdhalisa Oktaria Syur’an, Ma’ruf Ma’ruf

Abstract


Fenomena adanya keluhan masyarakat pengguna asuransi kesehatan BPJS Kesehatan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit, yang akan mempengaruhi kepuasan dan bahkan loyalitas dari pasien menjadi perhatian dalam penelitian ini. Penelitian ini menjelaskan bagaimana kualitas pelayanan yang terdiri dari lima indikator (tangible, emphaty, reliability, responsive dan assurance) mempengaruhi loyalitas pasien pengguna jasa pelayanan pada Rumah Sakit Universitas Andalas melalui kepuasan sebagai mediasi. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif dimana penelitian ini bertujuan untuk melakukan penggujian model yang menjelaskan hubungan antar variabel. Untuk mengukur semua konstruk dan indikator dalam penelitian ini, maka penulis mendistribusikan kuesioner kepada 120 responden yang melakukan rawat jalan pada poliklinik Rumah Sakit Universitas Andalas yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Jumlah responden ini diambil berdasarkan konsep yang dikemukakan Hair (2010), dimana rumus yang digunakan yaitu lima atau sepulah kali variabel. Metode analisis data dari penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Smart PLS 3.0.
Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.Kepuasan pasien berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien pengguna jasa pelayanan pada poliklinik yang ada di Rumah Sakit Universitas Andalas. Selain itu penelitian ini juga membuktikan bahwa kualitas pelayanan terhadap loyalitas dengan menjadikan kepuasan sebagai mediasi juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan (bukti fisik, kepedulian, kehandalan, daya tanggap, jaminan), Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien,

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Ahmed Javed, S.& Ilyas,Fatima. (2017). Service quality and satisfaction in healthcare sector of Pakistan the patients’ expectations. www.emeraldinsight.com

Budhiasa, Sudjana. (2016). Analisis Statistik Multivariate dengan Aplikasi SEM PLS SMARTPLS 3.2.6. Denpasar: Udayana University Press.

Deshwal, dkk. (2012). College Clinic Service Quality and Patient Satisfaction. www.emeraldinsight.com

Ferdinand, Augusty. 2002. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferdinand, Augusty. (2006). “Structure Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen”. Semarang : FE Undip

Ghozali, Imam. (2014). Structural Equation Modeling. Semarang:Universitas Diponegoro Semarang

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro

Hair et al. (2010). Multivariate Data Analysis (7nd ed). USA: Pearson Prentice Hall

Hair, Joseph F. (2008). Multivariate Data Analysis: A Global Perspektive. Jakarta: Pearson Education.

Ju,Yongwook et al. (2019). Exploring Airbnb Service Quality Attributes and Their Asymmetric Effects on Customer Satisfaction. www.elsevier.com

Khanchitpol.,William. (2012). Measuring Hospital Out-Patient Service Quality in Thailand. www.emeraldinsight.com

Kitapci, Olgun.,Akdogan, Ceylan.,Taylan, Dortilon,I. (2014). The Impact of Service Quality Dimensions on Patient Satisfaction, Repurchase Intentions and Word-of-Mouth Communication in the Public Healthcare Industry. www.scinedirect.com

Kotler, Philip & Lane Keller, K.(2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: PT Macana Jaya Cemerlang

Kotler, Philip & Lane Keller, K. (2016). Marketing Management (15nd ed). USA: Pearson Education, Inc.

Laili Hamzah. Zalva., Peng-Lee, Siew., & Moghavvemi. (2016). Elucidating Perceived Overall Service Quality in Retail Banking. . www.emeraldinsight.com

Lee, Ching-Hung., Zhao, Xuejiao.,& Lee, Yu-Chi. (2019). Service Quality Driven Approach for Innovative Retail Service System Design Andevaluation: A Case Study. . www.elsevier.com

Lonial,Subash & Raju.P.S. (2014). Impact of Service Attributes on Customer Satisfaction and Loyalty in A Healthcare Context. www.emeraldinsight.com

Lukiastuti,Fitri.(2012). Statistik Non Parametris. Yogyakarta:Caps.

Lupiyoadi, Rambat. 2011, Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik, Jakarta.UI Press.

Lupiyoadi, Rambat. (2004). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Salemba Empat

Meesala, Appalayya & Paul, Justin. (2018). Service Quality, Consumer Satisfaction and Loyalty in Hospitals: Thinking forn The Future. www.elsevier.com

Munijaya, Gde. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: EGC

Odunlami, Ibojo. (2014). Impact of Customer Satisfaction And Customer Retention in Customer Loyalty: A Case Study Of Enterprise Bank in Oyo. International Journal of Education and Research

Pay, Yoges., Chary, Satyanarayana.,Pay, Rashmi. (2017). Patient-Perceived Hospital Service Quality: An Empirical Assessment. www.emeraldinsight.com

Ramdan, Asep M. 2008 Oktober 22. “Hubungan Kualitas Jasa dan kepuasan Konsumen”. (http://asep-m-ramdan.blogspot.com).

Rangkuti, Freddy. (2002). Measuring Customer Satisfaction (cetakan

Rezaei et al. (2018). Quality Assessment of Airline Baggage Handling Systems Using SERVQUAL and BWM.www.elsevier.com

Saufidyudin, Omar,M.,Arifin, Hasyim & Ahmad, Rozila. (2016). Service Quality, Customers’ Satisfaction and the Moderating Effects of Gender: A Study of Arabic Restaurants. www.scinedirect.com

Sekaran, Uma & Bougie R. (2013). Research Methods for Business. UK: MIX.

Sholihin, Mahmud dkk. 2013. Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: Andi Offset Yogyakarta.

Sugiono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung:ALFABETA

Sunarto. (2003). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: AMUS Jogyakarta dan CV Ngeksigondo Utama

Segoro, Waseso (2013). The Influence of Perceived Service Quality, Mooring Factor, and Relationship Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. www.sciencedirect.com

Tjiptono, Fandy. (2004).” Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian”.

Tjiptono, Fandy. (2010). “ Indikator Kepuasan Konsumen”. Jakarta : Binarupa Aksara




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i3.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics