Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian pada Digital Platform Pintar.Co Jakarta

Darka Darka, Allyya Saputro

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Pintar.Co Jakarta, perusahaan ini bergerak di bidang jasa pelatihan dan pengembangan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Digital Platform Pintar.Co Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran data kuesioner dengan menggunakan metode sampel insidental. Sampel yang digunakan berjumlah 50 orang responden pengguna pelatihan dan pengembangan diri digital platform Pintar.Co Jakarta. Diketahui pula regresi linear sederhana yang dapat digunakan untuk memprediksi variabel Keputusan Pembelian melalui variabel Citra Merek/Brand Image yaitu Y = 24,989 + 0,571X. Kemudian Citra Merek/Brand Image memiliki pengaruh positif kuat dengan nilai r sebesar 0,724 terletak pada interval korelasi 0,60-0,799, serta memiliki kontribusi pengaruh sebesar 52,4% terhadap Keputusan Pembelian pada digital platform Pintar.Co. Sedangkan sisanya sebesar 47,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dan terdapat pengaruh antara Citra Merek/Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada digital platform Pintar.Co karena nilai t hitung 7,265 lebih besar dari nilai t tabel 1,677, sehingga Ha diterima serta nilai t hitung terletak pada daerah penolakan Ho atau Ha diterima.

References


Altofu R., H. Agils Andhita (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pengiriman (Study Kasus pada Pengguna Jasa JNE Express Across Nations Cabang Nganjuk). Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen. Vol. 1, No.1. Universitas PGRI Madiun.

https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/index

Amelia, Dessy Fristiana (2012). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Universitas Diponegoro. 1-8.https://ejournal3.undip.ac.id

Anshori, M., & Iswati, S.(2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi 1. Surabaya: Penerbit: Airlangga University Press.

Antasena, Aqib F. 2019. Pengaruh Citra Merek, dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian pada Jama’ah Umroh di PT Anita Saudaraku Wisata Cabang Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

https://digilib.uinsby.ac.id

Astuti, Tri (2018). Analisis Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian UNIOIL pada UD. Putra Motor Kabupaten Padang Lawas.”Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. https://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id

Chaffey & Chadwick (2016). Digital Marketing, Strategy, Implementation and Practice: Edisi IV: Penerbit: Pearson Education Limited.

Ectasia, Brendan (2017). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Loyalitas Merek (Studi pada Riez Palace Hotel Tegal). Management Analysis Journal. 7 (1) 2018, 130-138. Universitas Negeri Semarang.

Ferdiansyah (2005), Analysis Pengaruh Citra Merek, Lokasi, dan Promosi terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih Jasa Pendidikan MTs di KKM MtsN Pamulang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen. 21-39. Universitas Pamulang.https://eprints.unpam.ac.id/1389/INOVASI.pdf

Jumaryadi, Yuwan (2014). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Primagama Cabang Taman Palem Lestari. S2 Thesis. Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng. https://repository.mercubuana.ac.id/13983/I/Isi_cover_754187784610.pdf

Kotler, Keller (2016). Marketing Management. 3rd Edition 15th. Boston, Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran alih Bahasa Damos Sihombing. Jilid 1 Edisi 8. Penerbit: Erlngga, Jakarta.

Kotler & Keller (2014). Buku Prinsip-prinsip Pemasaran. By Philip Kotler Gary Armstrong. Edisi 12 Jilid 1&2. Edisi ke 13. Penerbit: Erlangga, Jakarta.

Lubis, Desy Iriana Dewi, Hidayat Rahmat (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 5, No. 1, pp. 15-24, Februari 2017, ISSN 2355-1488. http://journals.synthesispublication.org/index.php/ilman

Nurlan, F. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Cv. Pilar Nusantara

Musay, Franscisca Paramitasari (2013). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (survei pada Konsumen KFC Kawi Malang). Universitas Brawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 3, No 2 (2013): JULI. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php

Puspitasari, Dewi (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Promosi terhadap Keputusan Pemilihann Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Cabang Benculuk Banyuwangi. 1-7. Universitas Muhammadiyah Jember. http://repository.unmuhjember.ac.id/6245/1/ARTIKEL.pdf

Pintar.Co. (2022, Juni 24). Pintar.Co. Diambil Kembali Dari https://Pintar.Co/

Riyanto, A. (2020, Juni 24). Andi.Link. Diambil Kembali Dari Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2020 https://Andi.Link/Hootsuite-We-Are-Social-Indonesian-Digital-Report-2020/

Saputera, S., Handayani, S., & Pradityo, R. (2021). Sosialisasi Internet Sehat Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Desa Tanjung Agung Palik Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Bumi Rafflesia, 4 (3):670-675.

Setyawanti, Fidina (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Keputusan Nasabah Menabung di PT Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Pamulang. Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://digilibadmin.unimush.ac.id/upload/1867-Full_Text.pdf

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit: CV. Alfabeta.

Susanto, Riski (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Bauran Promosi terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris. 1-15. Universitas Diponegoro Semarang.http://eprints.undip.ac.id/36137/1/SUSANTO.pdf

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian: Edisi 1. Yogyakarta. Penerbit: ANDI.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran: Edisi 1. Yogyakarta. Penerbit: ANDI.

Wijaya, Mohammad H.P (2013). Promosi, Citra Merek, dan Saluran Distribusi Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix di Kota Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA. Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 105-114.https://ejournal.unsrat.ac.id

https://www.ruangguru.com/blog/skill-academy-by




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics