Pengaruh Brand Image, Brand Experience Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Brand Lokal Aerostreet Di E-Commerce Shopee

Risky Pratama, Sri Murwanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Brand Image, Brand Experience, dan Brand Loyalty terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk Aerostreet di e-commerce Shopee. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat yang sudah pernah membeli brand lokal Aerostreet. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah seratus lima puluh respoden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data yaitu data primer yang didapat melalui pengisian kuesioner yang disebar melalui Google From. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Data analisis menggunakan SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis dalam penelitian ini yaitu Tidak terdapat pengaruh Brand Image terhadap Purchase Intention pada produk Aerostreet di E-commerce Shopee, terdapat pengaruh positif dan signifikan Brand Experience terhadap Purchase Intention pada produk Aerostreet di E-commerce Shopee, terdapat pengaruh positif dan signifikan Brand Loyalty terhadap Purchase Intention pada produk Aerostreetdi E-commerce Shopee.
Kata Kunci: Brand Image, Band Experience, Brand Loyalty, Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Amin, M., Nasution, A. P., Sambodo, I. M., Hasibuan, M. I., & Ritonga, W. A. (2021). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Minat Beli Produk Online Dengan Manajemen Hubungan Pelanggan Dan Ekuitas Merek Sebagai Variabel Mediasi. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 122–137. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2443

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). UNDIP Press.http://perpus.univpancasila.ac.id/uplib/index.php?p=show_detail&id=33514

Geraldine, Y. M. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Media Sosial Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Brand Wardah. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 71–82. https://doi.org/10.46918/point.v3i1.880

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. UNDIP Press.

Handayani. (2021). Pengaruh Metode Pembayaran Dan Mudahnya Transkasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Zalora Online Shopping. Universitas Gunadarma Jurnal, 15(4), 58–66.

Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer, Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 15 No. 2.

Harahap, D. A. (2018). Perilaku belanja online di Indonesia: Studi kasus. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193-213.

Kinnear dan Taylor. Riset Pemasaran, Edisi Tiga. Jakarta: Erlangga, 1995.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, edisi ketiga belas. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip, & Gary Armstrong. (2014). Principle Of Marketing 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Lestari, N. I., & Iswati, H. (2021). The Effect Of SMEs Product Quality And Social Media On Repurchase Interest With Customer Satisfaction As An Intervening Variable. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol. 6 No. 1 hal. 24 – 40.

Mochtar, M. M. I., Mandey, S. L., & Pondaag, J. J. (2022). Pengaruh Media Sosial, Metode Pembayaran, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Makanan dan Minuman di Cinema XXI Manado Town Square. Jurnal EMBA, 10(4), 1807–1818.

Mustapa, A., Machmud, R., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Jiksau Food. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Vol. 5 No.1.

Nasrullah, R. (2015). Media sosial: perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung:Simbiosa Rekatama Media

Nursetyowati, A. P., Angelina, M., Widyaningrum, S., & Akbar Basory, H. (2023). Pengaruh Daya Tarik dan Keahlian Social Media Influencer Terhadap Purchase Intention Pada Industri Makanan. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum Vol. 1 No. 3 hal. 251–263.

Owen., & Susanto, E. H. (2021). Pengaruh Promosi Makanan Tradisional Ngai Soya Beancurd Lewat Sosial Media Instagram Terhadap Minat Beli Warga Duta Garden. Prologia, Vol. 5 No. 2. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/10194.

Pohan, A. (2011). Sistem Pembayaran: Strategi dan Implementasi di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Purwanto, H. (2017). Pengaruh Intensi Berwirausaha Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha (Studi Kasus di Sentra UMKM Pengrajin Teralis di Desa Jlamprang Kecamatan Wonosobo)”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(1), pp. 90-104.

Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Shopee di Bekasi). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–18.

Sudirman, E. (2022). Strategi Usaha Kecil Menengah Menghadapi Digitalisasi Pemasaran, Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 9 Issue 2 Page 142 – 151.

Sugiyono.Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D / Sugiyono .2018

Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, L. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado) the Influence of Product Quality, Price and Advertising Social Media on Buy. 304 Jurnal EMBA, 9(4), 304–313.

SUNDALANGI, Marchelyno; MANDEY, Silvya L.; JORIE, Rotinsulu Jopie. Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2014, 2.1.

Tumer, M., Aghael, I., Oney, E., & Eddine, Y. N. (2019). The Impact of Traditional and Social Media Marketingon Customers’ Brand Trust and Purchase Intentions in The Turkish Airline Market. Journal of Researchin Emerging Market. Vol. 1, N0.4, pp. 55-68.

Zeithaml, V. A. dan Mario Jo Bitner (1996), Service Marketing, McGraw-Hill Companies Inc., New York.

Zhou, T., (2011). An Empirical Examination of Users’ Post-Adoption Behaviour of Mobile Services. Behaviour & Information Technology, Vol.30,No.2,241–250. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/0144929X.2010.543702. Diakses pada 1 Desember 2022.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics