Pengaruh Efikasi Diri Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Dengan Program Mentoring Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Asisten Dosen Ums)

Nurul Cahya Arsita, Muhammad Sholahuddin

Abstract


Asisten dosen memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran di perguruan tinggi, termasuk di UMS. Namun, terdapat permasalahan terkait kinerja asisten dosen yang dipengaruhi oleh efikasi diri, iklim organisasi, dan program mentoring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri dan iklim organisasi terhadap kinerja, dengan program mentoring sebagai variabel mediasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 150 asisten dosen dari 36 program studi di UMS yang memenuhi kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring, yang dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares (PLS) dengan perangkat lunak SmartPLS 3.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja asisten dosen, (2) iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, (3) efikasi diri dan iklim organisasi berpengaruh positif terhadap program mentoring, (4) program mentoring berpengaruh positif terhadap kinerja, (5) program mentoring tidak memediasi hubungan antara efikasi diri dan kinerja, tetapi memediasi hubungan antara iklim organisasi dan kinerja. Penelitian ini menyarankan pengembangan program mentoring yang relevan dengan kebutuhan asisten dosen, peningkatan dukungan organisasi, dan evaluasi kinerja yang lebih terintegrasi. Studi selanjutnya dapat memperluas cakupan sampel, mengintegrasikan metode kualitatif, serta menambahkan variabel moderasi untuk hasil yang lebih komprehensif.

Full Text:

Download PDF

References


Adriana, M., Santoso, D., Adijaya, Y. H., & Srinio, F. (2023). Effect of Organizational Climate and Achievement Motivation on Teacher Performance. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 152–165. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i2.3066

Akh Jalal, & Mochammad Isa Anshori. (2023). The Company’s Mentoring Program In Supporting Staff Development. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 4(2), 311–323. https://doi.org/10.32585/jbfe.v4i2.4745

Astrove, S. L., & Kraimer, M. L. (2022). What and how do mentors learn? The role of relationship quality and mentoring self-efficacy in mentor learning. Personnel Psychology, 75(2), 485–513. https://doi.org/10.1111/peps.12471

Azizah, A. W., & Yuwono, S. (2024). The Role between Self-Efficacy and Emotional Intelligence on Anxiety about Facing the Workfield. International Journal of Advanced Research in Education and Society, 6(2), 847–860.

Cinks, R., & Austers, I. (2021). Success and Failure Effect on Self-Efficacy and Performance: An Experimental Study. Human, Technologies and Quality of Education, 112–124. https://doi.org/10.22364/htqe.2021.08

Emita, I., Rahayu, E. I. H., & Armaniah, H. (2023). Kinerja Karyawan yang dipengaruhi oleh Kepuasan Kerja dan Self-Efficacy Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 276–288. https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.1993

Herliani, L., Jusdijachlan, R., Ridwan, S., & Febrian, F. (2024). Pengaruh Komunikasi Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai ( Suatu Studi Di STIE Tridharma ). 2(3), 188–192.

Hidayat, W. G. P. A., & Tannady, H. (2023). Analysis of Organizational Citizenship Behavior (OCB) Variables, Work Stress, Work Communication, Work Climate Affecting Employee Performance and Turnover Intention at PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Gresik. International Journal of Science, Technology & Management, 4(3), 688–696. https://doi.org/10.46729/ijstm.v4i3.834

Huda, K. (2024). Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Dengan Efikasi Diri , Tingkat Pendidikan Melalui Kepuasan Kerja. 13(3), 566–573.

Husnawati, R., Moordiningsih, M., & O., S. achmad dwityanto. (2016). Hubungan Efikasi Diri Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Staf Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. 1–14.

Isa, M., & Ar Rahmah, F. (2023). Knowledge Management and Organizational Performance: The Mediating Role of Dynamic Capabilities. JBTI : Jurnal Bisnis : Teori Dan Implementasi, 14(3), 478–492. https://doi.org/10.18196/jbti.v14i3.20404

Latuihamallo, J., Pentury, G. M., & Manuhutu, H. F. (2022). Pengaruh Kualitas SDM dan Mentoring terhadap Kinerja dengan Pemberdayaan Perempuan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 10072–10086. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4015%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4015/3347

Malik, M. S., & Nawaz, M. K. (2021). The Relationship between Mentoring Functions and Employee Performance: Mediating Effects of Protégé Relational Self-Efficacy. Annals of Social Sciences and Perspective, 2(2), 187–204. https://doi.org/10.52700/assap.v2i2.106

Mardalis, A., Sari, P. N. I., & Minhayati, S. (2019). Religiosity and Its Effect on Employee’s Perfomance. 1st Annual Internatioal Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH 2019), 339(Aicosh), 66–70. https://doi.org/10.2991/aicosh-19.2019.14

Mukhtar, A., & Asmawiyah. (2019). Iklim Organisasi Dan Kinerja Karyawan. SEIKO : Journal of Management & Business, 2(2), 245–255. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/658

Mulle, R. L. D., Azevedo, J. R. L. de, & Versuti, F. M. (2024). Self-efficacy in mentoring processes: an integrative literature review. Caderno Pedagógico, 21(7), e5784. https://doi.org/10.54033/cadpedv21n7-147

Na-Nan, K., Saribut, S., & Sanamthong, E. (2019). Mediating effects of perceived environment support and knowledge sharing between self-efficacy and job performance of SME employees. Industrial and Commercial Training, 51(6), 342–359. https://doi.org/10.1108/ICT-01-2019-0009

Nasution, R. A. N., & Saragih, I. S. (2023). The influence of self-efficacy and organizational climate on employee performance. Enrichment : Journal of Management, 13(1), 127–134. https://doi.org/10.35335/enrichment.v13i1.1204

Prastica, E. J., & Silitonga, P. (2022). Pengaruh Self Efficacy Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Manhattan Hotel Jakarta. 9. http://ejournal.stein.ac.id/index.php/hcd

Pratomo, R. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Keterikatan Karyawan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(04), 1021–1033. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i04.16752

Rahmawati, S., Margiyanti Utami, E., & Annisa, N. (2023). Peran Organizational Citizenship Behavior Memediasi Iklim Organisasi terhadap Kinerja Pegawai. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8, 26–40. https://doi.org/10.23917/benefit.v8i2.3112

S Distor, J. M., & Nunez, E. (2023). Mentoring Functions to Self-Efficacy and Organizational Commitment. Diversitas Journal, 8(3), 2701–2730. https://doi.org/10.48017/dj.v8i3.2678

Sugiarti, S. (2023). Penerapan coaching dan mentoring untuk meningkatkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran A R T I C L E I N F O. Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan, 15(1), 2024. https://ejournal.btkp-diy.or.id/

Supomo, Sholahuddin, M., & Isa, M. (2024). ANALISIS PENGARUH VARIABEL PENGALAMAN KERJA, PELATIHAN, LINGKUNGAN KERJA, KOMPENSASI, DAN BEBAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN LAZ SOLOPEDULI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 16967–16975.

Talsma, K., Norris, K., & Schüz, B. (2019). Self-Efficacy and Academic Performance: A Chicken-and-Egg Conundrum. STARS Conference Proceedings, 1–10.

Tigges, B. B., Sood, A., Dominguez, N., Kurka, J. M., Myers, O. B., & Helitzer, D. (2021). Measuring organizational mentoring climate: Importance and availability scales. Journal of Clinical and Translational Science, 5(1). https://doi.org/10.1017/cts.2020.547

Trejo, J., Wingard, D., Hazen, V., Bortnick, A., Van Hoesen, K., Byars-Winston, A., Pfund, C., & Reznik, V. (2022). A system-wide health sciences faculty mentor training program is associated with improved effective mentoring and institutional climate. Journal of Clinical and Translational Science, 6(1). https://doi.org/10.1017/cts.2021.883

Varghese, L., & Finkelstein, L. (2021). An investigation of self-efficacy crossover between mentors and protégés within mentoring dyads. Annals of the New York Academy of Sciences, 1483(1), 80–97. https://doi.org/10.1111/nyas.14324

Wulansari, F., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Coaching Dan Mentoring Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 121–126. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.670

Yustiana, D., Soleha, S. N., & Dewata, J. (2023). Pengaruh Efikasi Diri, Kompetensi, Dan Komunikasi OrganisasiTerhadap Kinerja Pegawai RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Kewarganegaraan, 7(1), 1042–1047. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/5161/3098




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i1.8073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics