Evaluasi Margin Pemasaran Ikan Hias Melalui Saluran Pemasaran Dan Media Sosial

Ririn Wahyu Arida, Ustadus Sholihin, Julio Ivan Maulana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis margin pemasaran dalam industri ikan hias di Kabupaten Kediri, Indonesia, serta mengeksplorasi peran pemasaran digital melalui media sosial. Dengan sistem pemasaran yang panjang dan kompleks, pembudidaya ikan hias menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan keuntungan. Penelitian ini mengidentifikasi dua gap utama: kurangnya penelitian yang berfokus pada konteks lokal dan dampak media sosial terhadap keuntungan pelaku usaha. Melalui analisis saluran distribusi, ditemukan bahwa margin pemasaran di tingkat pembudidaya lebih tinggi dibandingkan dengan pengumpul dan pengecer, meskipun beberapa jenis ikan memiliki margin yang tinggi namun tidak efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran digital lebih efisien dalam memperluas pasar dan meningkatkan aksesibilitas produk. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pembudidaya, penampung, dan pedagang ikan hias dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik, serta menjadi referensi bagi pengembangan kebijakan yang mendukung keberlanjutan industri ikan hias di Indonesia.
Kata Kunci: Ikan hias, Margin pemasaran, Chanel pemasaran, Media sosial

Full Text:

Download PDF

References


Armanto, R., & Gunarto, M. (2022). Analisis Dampak Media Sosial Terhadap Penjualan Perumahan: Studi Empiris Penggunaan Iklan Facebook dan Instagram. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 3(1), 45–55. https://doi.org/10.47747/jbme.v3i1.626

Asiva Noor Rachmayani. (2015). Saluran Dan Margin Pemasaran Produk Ikan Asap Di Kabupaten Fakfak Marketing. 6.

Ayu Muchlisa, N., & Surianto, M. A. (2021). Analisis Saluran Distribusi Pada PT. Panahmas Dwitama Distrindo Jember. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(12), 2059–2068. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i12.480

Bowersox, D. ., Closs, D. ., Cooper, M. ., & Bowersox, J. . (2013). Supply Chain Logistics Management (4th ed.). McGraw-Hill.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management.

Lathifah, S. (2022). Pemanfaatan Media Sosial (Facebook dan Instagram) Sebagai Pembelajaran Komunikasi Digital pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Pariwisata di Politeknik Pariwisata Lombok. Concept and Communication, 17(No. 2), 345–354.

Lubis, A. N. (2005). Peranan Saluran Distribusi dalam Pemasaran Produk dan Jasa. E-USU Repository, 1–14. 1–14.

Margaretha, M. C., Salsabila, A., & Dhea, P. A. (2024). Pemanfaatan Transformasi Digital untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Kuliner : Studi Kasus Oh My Gethuk. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), Vol. 4 No, 118–126.

Maukar, O. F., Benu, N. M., Mandei, J. R., Program, M., Agribisnis, S., Pertanian, F., Ratulangi, U. S., Program, D., Agribisnis, S., Pertanian, F., Ratulangi, U. S., &

Modoinding, K. (2024). Margin Pemasaran Komoditi Kentang Di Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan Marketing Margin of Potato Commodity In Modoinding District South Minahasa Regency Latar Belakang Kentang ( Solanum L .) merupakan salah satu komoditas sayuran yang menda. 20, 495–502.

Nurcahyadi, A. (2024). Peran Content Marketing dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada E- Commerce Acep Nurcahyadi Institut Teknologi dan Bisnis Riyadlul ’ Ulum , Indonesia Email : acepnurcahyadi@gmail.com Loyalitas Pelanggan ,. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(7), 632–639.

Sudiyono, A. (2001). Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadyah Malang.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta, Cet.XII)an Praktek, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, Cet.XII), 107.

Susilowati, I., Istiqomah, I., Sukiman, S., & Purnomo, S. (2022). Analisis Margin Pemasaran Ikan Layang di Kabupaten Pati. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(1), 238–248. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.01.23

Woelandari, D. S., & Setyawati, N. W. (2019). Sosialisasi Dan Pelatihan Pemasaran Berbasis Digital Dengan Menggunakan Media Sosial Facebook Dan Instagram Bagi Industri Rumahan Di Rt 005/Rw 001, Kel. Marga Mulya, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi. Seminar Santika, September, 62–67.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i1.8122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics