Pengaruh Kepemimpinan Kharismatik Dan Budaya Pesantren Terhadap Peningkatan Daya Saing Pesantren Dengan Kemampuan Entrepreneurship Sebagai Variabel Moderating (Kasus Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang Maros)

Arqam Djufri, Siradjuddin, Rusdi Raprayogha

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kepemimpinan kharismatik dan budaya pesantren terhadap peningkatan daya saing pesantren dengan kemampuan entrepreneurship sebagai variabel moderasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan obyek penelitian pada Pesantren Nahdlatul Ulum, Soreang, Kab. Maros, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 70 responden. Analisis data dilakukan dengan metode SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial kepemimpinan kharismatik, dan budaya pesantren berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan daya saing pesantren Nahdlatul Ulum, Soreang, Kab. Maros. Hubungan pengaruh secara tidak langsung, kemampuan entrepreneurship mampu memediasi pengaruh kepemimpinan kharismatik secara positif dan signifikan terhadap daya saing pesantren, dan variabel kemampuan entrepreneurship mampu memediasi pengaruh budaya pesantren secara positif dan signifikan terhadap daya saing pesantren. Secara praktis riset ini berkontribusi dalam meningkatkan daya saing pesantren melalui kepemimpinan kharismatik, budaya pesantren dan kemampuan entrepreneurship yang lebih efektif. Pimpinan yang memiliki kualitas kepribadian yang kuat dan berkarisma mampu menciptakan iklim yang positif di pesantren. Budaya pesantren yang kuat dan terjaga dapat menjadi dasar yang mendukung perkembangan pesantren, dan Kemampuan entrepreneurship berperan penting dalam mengembangkan pondok pesantren secara mandiri dan meningkatkan daya saing pesantren.

Kata Kunci: Budaya Pesantren, Daya Saing Pesantren, Kemampuan Entrepreneurship, Kepemimpinan Kharismatik

References


Ajid Thohir, Mulyana, & Hermawan, U. (2022). Kyai dan Pendidikan Kewirausahaan: Membangun Ekonomi Masyarakat Perkotaan (Vol. 16, Issue 1). Gunung Djati Publishing.

Anandi, R. D. (2022). The Influence Of Local Culture and Entrepreneurship Behavior On Business Performance With Moderation By Gender Qualification On The Minangkabau Ethnicity. MENARA Ilmu, XVI(01), 84–93.

Arif Rahman Nurul Amin, M. P. (2021). PESANTREN SEBAGAI SOLUSI PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 6.

Fahrurrozi. (2016). Mutu Pesantren, Ikhtiar Menjawab Tantangan Global. Jurnal Intelegensia, 4(1), 10–23.

Gufronul, A. (2020). Gaya Kepemimpinan Kiai Dalam Membangun. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 1, 30–46.

Hanum, N. A., Fitriyah, A., & Sumarsono, R. B. (2019). Pandangan Konsep Kepemimpinan Kharismatik. Seminar Nasional, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 163–170.

Hikmah, N., Kurniawan, M. A., & Harmoyo, D. (2024). Penguatan Kewirausahaan Berbasis Pesantren Menuju Kemandirian Ekonomi. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 139–158. https://doi.org/10.51339/iqtis.v6i1.2797

HOLIS, N. (2022). Budaya Pesantren Dalam Membangun Karakter Santri Di Pondok Pesantren Nurul Khalil Bondowoso. In Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

Imsiyah, N., Tiara, T., & Kartini, T. (2022). Membangun Jiwa Wirausaha Santri Ponpes Al-Falah Puger Melalui Pendampingan Produk Variasi Olahan Ikan Serta Strategi E-Commerce Marketing. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 609. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8184

Indra Kurnia, & Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kharismatik dan Budaya Organisasi terhadap Sistem Pendidikan Pesantren Ulumuddin Kota Lhokseumawe. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 294–312. https://doi.org/10.54396/alfahim.v6i1.924

Istiqlaliyani, F. (2022). Ulama Perempuan di Pesantren: Studi Tentang Kepemimpinan Nyai Hj. Masriyah Amva. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 104–109. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1670

Khofi, M. B., & Furqon, M. (2024). STRATEGI KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN. INCARE : International Journal of Educational Resources, 9(2), 289–305. https://doi.org/10.1300/j096v09n02_18

Laporan Tahunan SNKI 2022. (2022).

Latifah, L., & Awad, A. (2023). Metode Pendidikan Karakter Di Pesantren Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. JIS: Journal Islamic Studies, 1(3), 391–398.

Mutmainah, I., Suharjo, B., Bangsa, U. N., Khaldun, U. I., Pasar, O., Saing, D., & Tinggi, P. (2020). Orientasi Pasar Dan Peran Audit Pemasaran Dalam. 10(3), 298–320.

Nurasikin, A., Masyhari, K., & Imron, A. (2022). Pelatihan Manajemen Keuangan bagi Santri Menuju Kemandirian Pondok Pesantren. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(1), 83–98. https://doi.org/10.21580/dms.2022.221.10794

Prasetyo, M. A. M. (2022). Organizational and Cultural Transformation of Pesantren in Creating A Competitive Culture. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(1), 73–88. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.1267

Ramli, M. (2017). MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN PESANTREN: Dinamika Kepemimpinan Kiai di Pesantren. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 125–161. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.20

Rouf, A., Syukur, F., & Maarif, S. (2024). Entrepreneurship in Islamic Education Institutions: Pesantren Strategy in Responding to the Industrial Revolution 4.0. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(2), 250–265. https://doi.org/10.31538/tijie.v5i2.1115

Rusdan. (2023). Penguatan Kemandirian Ekonomi Pesantren Menuju Indonesia Emas 2045. EL-HIKAM: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keagamaan, XVI(2), 121–152.

Yudhaningsih, N. M., Mahendradatta, U., Efficacy, E. S., & Kepemimpinan, K. (2022). KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN INOVASI MELALUI ENTREPRENEURIAL SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. JURNAL EKONOMI EFEKTIF, 4(4), 597–610.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i1.8147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics