Perancangan dan Implementasi Animasi Logo Dalam Meningkatkan Brand Awareness: Studi Kasus STIM Sukma Medan

Nurhalimah Nurhalimah, Robbi Rahim

Abstract


Kesadaran merek (brand awareness) menjadi faktor krusial bagi institusi pendidikan untuk menarik calon mahasiswa, meraih perhatian masyarakat, dan membedakan diri dari kompetitor. Penelitian ini akan mencakup proses perancangan dan implementasi animasi logo serta analisis terhadap dampaknya terhadap kesadaran merek institusi pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi dan dampak animasi logo dalam meningkatkan kesadaran merek pada institusi pendidikan tinggi, khususnya STIM Sukma Medan. Menggunakan metode analisis dengan Smart-PLS untuk mengetahui dampak implikasi dari animasi logo STIM Sukma Medan. Hasil yang diperoleh pada animasi logo STIM Sukma Medan hasil dari software animasi dengan uji signifikan nilai original sample 0.741 dan p-values 0.000. berdasarkan p-values yang lebih kecil dari taraf signifikan dan Animasi Logo dianggap memiliki hubungan positif dan berpengaruh terhadap Citra Merek STIM Sukma Medan.
Kata Kunci: Animasi logo, Brand Awareness, Smart-PLS

Full Text:

Download PDF

References


Brasel, S. A., and Hagtvedt, H. (2016). Living brands : consumer responses to animated brand logos. Journal of the Academy of Marketing Science, 44 (5), 639 – 653. https://doi.org/10.1007/s11747-015-0449-2

Caroline, C., Setyaningsih, I., & Supandi, D. (2024). Analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk AMDK Pada Mahasiswa PTS X di Sleman. 23(1), 55–61.

Chiu, T., Yang, D. J., & Ma, M. (2023). The Intertwining Effect of Visual Perception of the Reusable Packaging and Type of Logo Simplification on Consumers Sustainable Awareness.

Dwiyama, F. (2019). Brand Image : Upaya Memasarkan Pendidikan Bagi Lembaga Yang Kurang Mampu Bersaing. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 880–891. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.424

Erliyani, Y., & Setiono, A. (2023). Pengaruh Brand Image dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan untuk Memilih Tempat Kuliah ( Studi Kasus pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen ( STIM ) Sukma Medan ). 8(2), 324–334.

Fang, J., & Gong, X. (2023). Application of visual communication in digital animation advertising design using convolutional neural networks and big data. PeerJ Computer Science, 9. https://doi.org/10.7717/peerj-cs.1383

Guido, G., Pichierri, M., Nataraajan, R., & Pino, G. (2016). Animated logos in mobile marketing communications: The Roles Of Logo Movement Directions And Trajectories. Journal of Business Research, 69 (12), 6048 – 6057. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.06.003

Hidayati, N. S., & Abdullah, F. (2023). Pembuatan Vidio Iklan Animasi Menggunakan After Efect Untuk Meningkatkan Brand Awareness Pada Buket Dikala ( Studi Kasus : Buket Dikala ). 2(3), 1965–1974.

Husada, A. D., Kim, C. C., & Isabel, S. Y. (2022). Perancangan Bumper Animasi Logo PT Santos Jaya Abadi Untuk Keperluan Orientasi Karyawan Baru. VICIDI, 12(1), 12–25.

Ilmiah, J., & Islam, E. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. 7(02), 869–880.

Jun, Y., & Lee, H. (2020). Static and Animated Brand Logos: Interplay of Brand Logos and Brand Personality on Emotional and Cognitive Effects. January. https://doi.org/10.18848/2325-1581/CGP/v14i03/15-28

Keller, K. L. (2001). Building Customer - Based Brand Equity : A Blueprint for Creating Strong Brands. Journal of Marketing Communications, 15 (2–3), 139 – 155. https://doi.org/10.1080/13527260902757530

Peng, M., Liang, M., Huang, H., Fan, J., Yu, L., & Liao, J. (2023). Computers in Human Behavior The effect of different animated brand logos on consumer response —— an event-related potential and self-reported study. 143(June), 1–7.

Rizal, M., & Pahany, M. A. (n.d.). Perancangan Animasi Motion Graphic Sebagai Media Promosi STMIK AKBA Abstraksi Tinjauan Pustaka.

Yuliara, I, dkk. (2019). Analisis Pengaruh Faktor Keputusan Konsumen Dengan Structural Equation Modelingpartial Least Square. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(1), 287221.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i1.8309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics