Analisis Efektivitas Penyaluran KUR Syariah PT Pegadaian Terhadap Perkembangan UMKM (Studi Kasus: PT Pegadaian Cabang Pancur Batu)

Sri Wahyuningsih, Sahyunan Sahyunan, Nazaruddin Nazaruddin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan permodalan yang dihadapi sektor UMKM. Salah satu program yang mendukung perkembangan UMKM adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah PT Pegadaian, yang menawarkan pembiayaan berbasis syariah dengan keunggulan bunga rendah dan tanpa agunan. Namun program Kur Syariah belum dimanfaatkan dengan baik oleh nasabah. Hal ini dilihat dari fluktuasi Non-Performing Loan (NPL) yang signifikan hingga mencapai 5,61% pada Februari 2024, serta data observasi awal menunjukkan 46,67% nasabah memiliki penghasilan yang tetap setelah menerima KUR Syariah PT Pegadaian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efektivitas KUR terhadap perkembangan UMKM pada nasabah PT Pegadaian Kantor Cabang Pancur Batu. Efektivitas KUR dievaluasi berdasarkan lima aspek: ketepatan prosedur, ketepatan jumlah kredit, ketepatan beban kredit, ketepatan tenor kredit, dan ketepatan penggunaan dana. Penelitian menggunakan pendekatan asosiatif kausal dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah 280 nasabah, dengan sampel sebanyak 165 nasabah yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, sementara analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas KUR Syariah pada: ketepatan prosedur, ketepatan jumlah kredit, ketepatan beban kredit, ketepatan tenor kredit, dan ketepatan penggunaan dana berpengaruh signifikan terhadap terhadap perkembangan UMKM.

Kata Kunci: Efektivitas, KUR, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Full Text:

Download PDF

References


Atin., T.D.R. 2019. Pengaruh Efektivitas Kredit Usaha Rakyat (Kur) Terhadap Peningkatan Profit Usaha Mikro (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta). Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 8(1). 10-19.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Karnawati, T. A., & Fathorrahman. (2016). Kajian Tentang Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mendukung Pengembagan Usaha Produk Unggulan Lokal Sulam dan Bordir Kabupaten Malang. Seminar Nasional Riset Inovatif (Senari) Ke-4 Tahun 2016, 572–580.

Khasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Khoiriah, N., Yusda, D. D., Oktaria, E. T., & Hairudin, H. (2024). Peran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Perkembangan UMKM (Studi Kasus Bank BRI Unit Kedaton). Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 5(2), 111–119. Https://Doi.Org/10.35912/Jakman.V5i2.2383

Lestari, A. I. (2023). Analisis Peran Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat ( Kur ) Terhadap Pemberdayaan Usaha Nasabah Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Kc Bandar Lampung Kedaton ) Analisis Peran Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat ( Kur ) Terhadap. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mulyani, S., Jannah, N., & Syafina, L. (2024). Analisis Implementasi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM: Studi Kasus Pada Pegadaian Cabang Mandala. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 4018–4028. Https://Doi.Org/10.47467/Elmal.V5i7.4290

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadi Suryabrata. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Tanjung, M. A. (2017). Koperasi Dan UMKM Sebagai Fondasi Perekonomian Indonesia. Penebit Erlangga. 5(1). 8.

Tobing, S. Y. L. (2015). Bab I ْبا حض خ ِ ي. Galang Tanjung. (2504). 1–9.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i1.8465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics