Peran Kontrol Diri Dalam Memediasi Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Paylater Gen Z di Kota Semarang

Andini Sofiyana, Vincent Didiek Wiet Aryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Kontrol Diri Dalam Memediasi Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Paylater Gen Z di Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang dibagikan melalui google form kepada 185 responden dengan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Analisis Jalur Statistic yakni Partial Least Square-Structural Equestion Model (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, interaksi teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kemudian literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap kontrol diri, gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kontrol diri, dan interaksi teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap kontrol diri. Temuan lainnya menunjukkan bahwa peran kontrol diri dapat memediasi literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif, namun kontrol diri tidak dapat memediasi gaya hidup dan interaksi teman sebaya terhadap perilaku konsumtif.

References


Afifah, N., & Yudiantoro, D. (2022). Pengaruh gaya hidup dan penggunaan uang elektronik terhadap perilaku konsumtif. YUME: Journal of Management, 5(2), 365–375.

Agasi, M. D. R., & Aryani, D. N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, E-Money terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millenial dengan Kontrol Diri Sebagai Moderasi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 5586–5564. https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.9381

Ajzen, I. (1991). The Theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes.

Al Arif, N., & Imsar, I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Norma Subjektif, dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN SU Medan Pengguna Electronic Money dengan Pengendalian Diri sebagai Moderasi. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(2), 406–428. https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.2293

Annafila, H., & Zuhroh, L. (2022). Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku konsumtif online shopping bagi mahasiswa. PSIKODINAMIKA: Jurnal Literasi Psikologi, 2(1), 020–027. https://media.neliti.com/media/publications/360039-a-pengaruh-kontrol-diri-terhadap-perilak-8fe5520a.pdf

Bado, B., Hasan, M., & Isma, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Locus of Control Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 15604–15623. http://eprints.unm.ac.id/33576/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/33576/1/8843-Article Text-16594-1-10-20230812.pdf

Chairiah, R., & Siregar, Q. R. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Uang Saku Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Self Control Sebagai Variabel Mediasi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. SOSEK: Jurnal Sosial Dan …, 3(2), 84–98.

Fariana, R. E., Surindra, B., & Arifin, Z. (2021). The Influence of Financial Literacy, Lifestyle and Self-Control on the Consumption Behavior of Economic Education Student. International Journal of Research and Review, 8(8), 496–503. https://doi.org/10.52403/ijrr.20210867

Farida, L., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Yang Dimediasi Oleh Kontrol Diri. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 146. https://doi.org/10.33603/ejpe.v10i2.6870

Feralda, M., Hasan Hafidzi, A., & Samsuryaningrum, I. P. (2023). The Influence of Financial Attitude, Self Control, and Hedonism Style on Financial Management Behavior of Student Shopee Paylater Users in Jember District. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, 6(2), 1169–1182. https://doi.org/10.33258/birci.v6i2.7606

Fitriani, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Kontrol Diri Siswa Di Sma Ylpi Pekanbaru. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1), 1–8. https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2858

Hair et al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Edition) ( PDFDrive ).pdf (pp. 1–761).

Hair, J. F., Hult M., G. T., Ringle, C. M., &, & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage, 390.

Haq, I. I., Tubastuvi, N., Purwidianti, W., & Widhidanono, H. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Teman Sebaya, Electronic Money, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 73–89. https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.349

Hidayanti, F., Tubastuvi, N., Purwidianti, W., & Endratno, H. (2023). The Influence of Financial Literacy, Lifestyle, Self-Control, and Peer Conformity on Student’S Consumptive Behavior. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 7(1), 1–14. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Izazi, I. M., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Self Control Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Pgri Madiun). Review of Accounting and Business, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.52250/reas.v1i1.333

Juita, V., Pujani, V., Rahim, R., & Rahayu, R. (2024). Dataset on online impulsive buying behavior of buy now pay later users and non-buy now pay later users in Indonesia using the stimulus-organism-response model. Data in Brief, 54, 110500. https://doi.org/10.1016/j.dib.2024.110500

Kasoga, P. S., & Tegambwage, A. G. (2022). Psychological traits and investment decisions: the mediation mechanism of financial management behavior – evidence from the Tanzanian stock market. Journal of Money and Business, 2(2), 213–227. https://doi.org/10.1108/jmb-05-2022-0028

Khaerunisa, R., Fanther, R., & Sukardi, D. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylater Pada Generasi Z (Studi Kasus Pada Mahasiswa Febi Iain Syekh Nurjati Cirebon)). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 10(01), 57. https://doi.org/10.47686/jab.v10i01.678

Kurniawan, A., Mulyati, S., & Tribuana, L. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Konformitas Hedonis, Penggunaan Electronic Money, Gaya Hidup dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumti. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 4(02), 1–24. https://doi.org/10.35310/jass.v4i02.1011

Leonita, D., & Wulandari, S. (2024). Pengaruh Fitur Shopee Paylater, Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Progam Studi Manajemen Angkatan 2020). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(02), 554–566. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i02.33657

Lestari, S. D., & Haris, H. (2024). Pengaruh Sosial, Gaya Hidup, Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Melalui Shopee Paylater Pada Mahasiswa Febi Uin Raden Mas Said Surakarta. Jurnal Masharif Al- Syariah : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 389–404.

Lukesi, E., Rahadjeng, E. R., & Satiti, N. R. (2021). Effect of Financial Attitudes, Financial Knowledge, Locus of Control, and Financial Self-Efficacy to Financial Management Behavior in Millennial Generation. Jamanika (Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan), 1(1), 56–63. https://doi.org/10.22219/jamanika.v1i1.16027

Meneau, L. K., & Moorthy, J. (2022). Struggling to make ends meet: can consumer financial behaviors improve? International Journal of Bank Marketing, 40(2), 263–296. https://doi.org/10.1108/IJBM-12-2020-0595

Mengga, G. S., Batara, M., & Rimpung, E. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, E-Money, Gaya Hidup Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja. Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 44–58.

Moorthy, K., Runxuan, L., Chun T’ing, L., & Jing Yii, K. (2024). College students’ consumption behaviour in internet celebrity economy under We Media environment: a study among Malaysian and Chinese students. Journal of Responsible Production and Consumption, 1(1), 62–80. https://doi.org/10.1108/jrpc-09-2023-0002

Morgan, P. J., & Long, T. Q. (2020). Financial literacy, financial inclusion, and savings behavior in Laos. Journal of Asian Economics, 68(April). https://doi.org/10.1016/j.asieco.2020.101197

Pramudita, P. (2024). Peran Self-Control Sebagai Mediasi Antara Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Mahasiswa Universitas Yapis Papua. Reliability: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(3), 191–204.

Putra, I. G. L. P., & Sinarwati, N. K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 717–726. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.71877

Putri, N. M. E., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Self Control dan Financial Attitude terhadap Financial Management Behavior pengguna Layanan Buy Now Pay Later. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 21(1), 60. https://doi.org/10.19184/jeam.v21i1.30594

Rahmawati, Y. (2024). Pengaruh Sikap Keuangan, Kelas Sosial Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Insan Pembangunan Indonesia (UNIPI). Journal Of Communication Education, 18(1), 1–8.

Restike, K. P., Presasti, D., Fitriani, D. I., & Ciptani, M. K. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Pembelian Impulsif, Dan Gaya Hidup Terhadap Penggunaan Shopee Paylater Gen Z. Jurnal Akuntansi Bisnis, 22(1), 100–113. https://doi.org/10.24167/jab.v22i1.11609

Sari, L. N. E., & Anasrulloh, M. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Di Universitas Bhinneka Pgri. Jurnal Economina, 2(7), 1639–1652. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.660

Sari, W. G., & Asyari, A. (2024). Pengaruh Penggunaan E-Wallet Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Muslim Dengan Self Control Sebagai Variabel Moderasi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(5), 5501–5513.

Shintya, N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Kontrol Diri Sebagai Variabel Intervening. UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

Siti Hartina, Ahsan Putra Hafiz, & Nurlia Fusfita. (2024). Pengaruh Perilaku Teman Sebaya, Penggunaan Media Sosial, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-Siswi SMKN 1 Tanjung Jabung Barat Tahun Ajaran 2023/2024. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 2(1), 266–280. https://doi.org/10.59841/excellence.v2i1.1021

Sitorus, S. A., Dewi, P. K., Sebaya, L. T., Konsumtif, P., & Of, L. (2024). Perilaku Konsumtif Melalui Locus Of Control Siswa Kelas XI SMA. 7, 15114–15125.

Song, X., Qin, X., & Feng, X. M. (2024). technolCreating financial inclusion in “Belt and Road” countries in Europe, Asia and Africa: regulation,ogy and financial literacy. Journal of Financial Regulation and Compliance, 32(4), 445–461. https://doi.org/10.1108/JFRC-11-2023-0180

Utami, N., Vokasi..., N. L.-S. N. A., & 2024, undefined. (2024). Pengaruh Kecerdasan Buatan, Gaya Hidup, Pembelian Impulsif , dan Hedonisme Terhadap Keputusan Peminjaman Menggunakan Spaylater Melalui Pengendalian Diri. Ocs.Polije.Ac.Id, 2(2). https://ocs.polije.ac.id/index.php/psnav/article/view/45

Wicaksono, A. B., & Nuryana, I. (2020). Pengaruh Sikap Keuangan, Teman Sebaya, dan Kecerdasan Spiritual Melalui Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 940–958. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42352

Widiastuti, C. T., Universari, N., & Setiawan, I. N. (2023). Analisis Gaya Hidup Sebagai Variabel Mediasi Pada Perilaku Konsumtif Belanja Online. Solusi, 21(4), 366. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i4.7497

Yucha, N., & Angelina Nur Rohmah, R. (2023). The Effect Of E-Wallet, a Hedonist Lifestyle with Self Control as an Intervening Variable on Consumptive Behavior. Journal of Applied Management and Business, 4(2), 105–112. https://doi.org/10.37802/jamb.v4i2.522

Yue, P., Yu, L., Zhou, J., & Zhou, H. (2023). Peer effects of income in consumption. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja , 36(3). https://doi.org/10.1080/1331677X.2022.2156576




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i2.8541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics