Pengaruh Financial Influencer dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi Kalangan Gen Z di Indonesia

Emi Lestari, Jane Lovita Putri, Jeslin, Shela Agustina, Amanda Novita Sari, Nanvy Jenix Dean Polii

Abstract


Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi informasi keuangan dan investasi, terutama di kalangan Gen Z di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh financial influencer dan literasi keuangan terhadap keputusan investasi Gen Z. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka terhadap 75 jurnal yang relevan. Hasil menunjukkan bahwa 70% jurnal mendukung literasi keuangan sebagai faktor signifikan dalam pengambilan keputusan investasi. Individu dengan pemahaman keuangan yang baik cenderung lebih rasional dan berhati-hati. Sementara itu, 60% jurnal menyoroti pengaruh besar rekomendasi dari financial influencer, khususnya bagi investor pemula atau mereka yang memiliki literasi rendah. Sebanyak 30% jurnal menyatakan bahwa literasi keuangan tidak selalu dominan, karena faktor lain seperti pengaruh sosial dan kemudahan akses informasi juga berperan. Temuan menunjukkan interaksi antara kedua faktor, di mana literasi yang tinggi dapat mengurangi ketergantungan pada influencer. Penelitian ini menekankan pentingnya edukasi keuangan digital serta kolaborasi antara lembaga keuangan dan influencer kredibel.

Kata Kunci: Finansial Influencer, Literasi Keuangan, Keputusan Investasi

Full Text:

Download PDF

References


Ackert, L., & Deaves, R. (2009). Behavioral Finance: Psychology, Decision-Making, and Markets.

Adiningsih, A. D. A., & Ghofar, A. (2022). Pengaruh Financial Influencer dan Webinar Investasi terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Mahasiswa. Reviu Akuntansi, Keuangan, dan Sistem Informasi, 1(1), 122–131. https://doi.org/10.21776/reaksi.2022.1.1.52

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Aminta, N. A. S., Amtiran, P. Y., Ndoen, W. M., & De Rozari, P. E. (2024). Analisis Pengetahuan Keuangan dan Peran Influencer dengan Menggunakan Metode Eksperimen. GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 5(6), 1337–1352. https://doi.org/10.35508/glory.v5i6.16464

Asrun, N. A., & Gunawan, A. (2024). Pengaruh Gaya Hidup dan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z di Kota Medan dengan Literasi Keuangan sebagai Media Intervening. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 5(1), 173–186. https://doi.org/10.51805/jmbk.v5i1.205

Chairani, R., & Bestari, M. F. O. (2021). Analisa Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi. 5.

Chen, C. L., & Dosinta, N. F. (2023). The Investment Decision on Generation Z in Pontianak. MBIA, 22(2), 263–279. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i2.2477

Darwati, J. T., Zulkifli, & Rachbini, W. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Self-Control, dan Risk Tolerance terhadap Keputusan Investasi melalui Perilaku Keuangan (Studi Kasus Karyawan Bank BUMN di Kota Depok). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(1), 8–22. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i1.17616

Delis, D., & Lestari, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Financial Technology Dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Di Kota Batam. Economics and Digital Business Review, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i1.986

Dr, U., Kochar, R., Gandhi, H. D., Charan, G., Jain, M., & Jain, R. R. (2024). Analysis on Impact of Financial Influencers on Gen Z Investing in India. International Journal for Multidisciplinary Research, 6(2), 1–18.

Eduard, M. B., Widyastuti, T., Maidani, & Sari, P. N. (2024). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Financial Literacy, dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Investasi pada Generasi Milenial dan Generasi Z di Kecamatan Bekasi Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(2), 924–941. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i2.2338

Firmansyah, F. F., Sriyono, S., & Prapanca, D. (2024). Peran Social Media Influencer, Pengetahuan, Investasi, Return Investasi dan Uang Saku Terhadap Minat Investasi pada Generasi Z di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 770–790. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3763

Hens, T., & Rieger, M. O. (2010). Financial Economics AConcise Introduction to Classical and Behavioral Finance.

Jumiyani Jumiyani, Edi Wibowo, & Ririn Indriastuti. (2024). Pengaruh Pengalaman Investasi, Risk Tolerance, dan Influencer Sosial Media terhadap Keputusan Investasi dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Moderasi. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 3(3), 451–470. https://doi.org/10.30640/digital.v3i3.3243

Juniarti, S., Oebit, C. E. S., & Yuliantini, T. (2024). Minat Investasi Saham Generasi Z: Financial Literacy dan risk Tolerance. Jurnal Manajemen, 20(2), 101–110.

Lestari, E. (2023a). FINANCIAL LITERACY AND FINANCIAL RESOURCES RETIREMENT. International Conference On Economics Business Management And Accounting (ICOEMA), 2, 290–298. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/icoema/article/view/2999

Lestari, E. (2023e). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Lokus Kendali Terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Masyarakat Kota Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), Article 1.

Lestari, E. (2024). ‪Dasar Dasar Manajemen Keuangan: Buku referensi‬. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Xovl0SQAAAAJ&citation_for_view=Xovl0SQAAAAJ:UebtZRa9Y70C‬‬

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2017). How ordinary consumers make complex economic decisions: Financial literacy and retirement readiness.

Mardika, A. P., Putra, P. D. S. S., Rahmantari, N. L. L., Utari, N. K. M. T., & Yasmita, G. A. L. (2025). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gen-Z dalam Menentukan Keputusan Investasi. Kumpulan riset akuntansi, 16(2), 345–353.

Mu’afi, M. I., Hapsari, N. R., & Perdana, A. B. (2024). Memberdayakan Generasi Z: Peran Edukasi Pasar Modal dalam Meningkatkan Minat Investasi. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(2), 39–48. https://doi.org/10.14710/jab.v13i2.57879

Otoritas Jasa Keuangan. (2024). Edukasi Keuangan. Edukasi-Dan-Perlindungan-Konsumen. https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.aspx#:~:text=Literasi%20Keuangan%20adalah%20pengetahuan%2C%20keterampilan%2C%20dan%20keyakinan%20yang,dan%20pengelolaan%20keuangan%20untuk%20mencapai%20kesejahteraan%20keuangan%20masyarakat

Pradana, H. K., Febriansyah, F., Husairi, R., & Pilisia, A. E. (2024). Financial Literacy and Investment Socialization for Generation Z. Zabags International Journal Of Engagement, 2(1), 16–21. https://doi.org/10.61233/zijen.v2i1.15

Resyita, C. P., & Khoiriyah, R. (2023). Pengaruh Digitalisasi, Literasi Keuangan, dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Investasi. Journal of Economics and Business Research (JUEBIR), 2(2), 204–213. https://doi.org/10.22515/juebir.v2i2.8152

Rodiah, S., Ahyaruddin, M., & Amonisa. (2023). Pengaruh Influencer Keuangan, Literasi Keuangan, dan Religiusitas terhadap Minat Investasi Mahasiswa UMRI di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(3), 492–501.

Saptyana, R. F. (2024). The Influence of Lifestyle, Financial Technology, Financial Literacy, and Financial Behavior on Generation Z Investment Decisions. Tax Accounting Applied Journal, 2(2), 12–25. https://doi.org/10.14710/taaij.2023.22074

Saputri, N. D. M., Santati, P., & Putri, M. A. (2024). Era Digitalisasi Ekonomi: Influencer, Literasi Keuangan, Self-control dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Investasi. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 8(3), 325–341. https://doi.org/10.18196/rabin.v8i3.22415

Sun, S., & Lestari, E. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan (Financial Literacy), Pengetahuan Investasi (Investment Knowledge), Motivasi Investasi (Investment Motivation) Dan Pendapatan (Income) Terhadap Keputusan Investasi Pada Masyarakat Di Batam. ResearchGate. https://doi.org/10.26740/akunesa.v10n3.p101-114

Sunandes, A., & Meifilina, A. (2024). Analisis Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi dengan Moderasi Kemajuan Teknologi pada Generasi Z. Jurnal penelitian Manajemen Terapan, 9(1), 109–119.

Trisnaningsih, T., .Sihabudin, S., & Fauji, R. (2022). Pengaruh Influencer Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), 82–89. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1705

Utami, N., Sitanggang, M. L., & Sitanggang, M. L. (2021). The Analysis of Financial Literacy and Its Impact on Investment Decisions: A Study on Generation Z In Jakarta. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 9(1), 33. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v9i1.1840

Widhiastuti, R. N., & Novianda, B. F. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, dan Motivasi Terhadap Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. KOMPLEKSITAS: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS, 13(1), 84–93. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no1.527

Winarso Aji, A., Suyatno, A., & Alia Akhmad, K. (2024). The Effect Of Investment Knowledge, Social Media Influencers, And Financial Literacy On Investment Interest In The Capital Market In Students Of Management Program At Duta Bangsa University. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi (BISMAK), 4(1), 33–49. https://doi.org/10.47701/bismak.v4i1.2938

Wulandari, N. P. N., & Rasmini, N. K. (2024). Pengaruh Influencer, Motivasi, dan Literasi Keuangan terhadap Minat Invsttasi Saham di Kalangan Mahasiswa. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 1285. https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i07.p01

Yeolencia, E., & Lestari, E. (2024a). The Role of Financial Attitude in Mediating The Relationship Between Financial Knowledge and Financial Management Behavior in Batam City. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.30996/jem17.v9i2.12249




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i2.8794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics