Peran Modal Sosial dalam Pengembangan Usaha Sangkar Burung (Studi Kasus Desa Ngampon Mojosongo)

Dominica Adeline Shiva Anindita, Danang Purwanto

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah saat ini menjadi penggerak perkembangan ekonomi negara guna mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan devisa negara. UMKM mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat global, salah satunya adalah UMKM kerajinan bambu sangkar burung di Desa Ngampon. Perkembangan usaha ini mengalami fluktuasi sehingga membutuhkan beragam modal agar dapat terus bertahan dan berkembang. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan teknik purposive sampling pada pengambilan data dengan kriteria informan berupa pihak-pihak yang berkaitan dengan usaha sangkat burung, seperti pengrajin dan pemerintah desa. Hasil penelitian menunjukan bahwa modal sosial mampu meningkatkan perkembangan usaha sangkar burung di Desa Ngampon. Modal sosial yang dioptimalkan oleh pelaku usaha adalah modal sosial berupa jaringan, kepercayaan, dan norma. Jaringan sosial membantu pelaku usaha untuk dapat memperluas usaha sehingga lebih dikenal oleh masyarakat lua. Selain itu, jaringan ini juga membantu pelaku usaha membangun ekosistem usaha yang berkelanjutan, mulai dari penyedia bahan baku hingga distribusi produk. Kepercayaan konsumen terhadap hasil barang yang sesuai dengan keinginan menjadi salah satu elemen penting dalam meningkatkan usaha ini. Terdapat pula norma yang disepakati bersama sehingga pengembangan usaha ini menjadi lebih terarah karena pelaku usaha berkompetisi dengan adil. Berbagai modal sosial tersebut berdampak terhadap peningkatan produksi dan terjalinnya hubungan kerja sama yang baik antar pengrajin sangkar burung sehingga usaha ini data terus bertahan dan berkembang.
Kata Kunci : Modal Sosial, Sangkar Burung, Pengembangan Usaha.

Full Text:

Download PDF

References


Al Farisi, S., Iqbal Fasa, M., & Suharto. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9ino.1.307

Apriawan, L. D., Nurjannah, S., & Inderasari, O. P. (2020). Peran Modal Sosial Sebagai Strategi Dalam Pengembangan Indutri Kerajinan Tenun Di Desa Sukarara Kabupaten Lombok Tengah. Journal of Urban Sociology, 3(1), 49. https://doi.org/10.30742/jus.v3i1.1255

Arswinda, R. Q., Nurhadi, N., & Zuhri, S. (2023). Social Networks in Batik Enterpreneurs in Kampung Batik Laweyan Surakarta. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(7), 4882–4893. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i7.12855

Asiva Noor Rachmayani. (2020). PERAN MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN INDUSTRI KERAJINAN DI PROVINSI BALI. Ni Nyoman Yuliarmi, 1–20.

Christianto, S. Y., & Putro, T. R. (2022). Pola Modal Sosial Pengrajin Sangkar Burung Mojosongo pada Program One Village One Product (OVOP). Salam (Islamic Economics Journal), 3(2), 158. https://doi.org/10.24042/slm.v3i2.14279

Dailami, Moh. Thandzir, Tito Pratama, & Haufi Sukmamedian. (2023). Pengaruh Komunitas - Komunitas Terhadap Minat Beli Konsumen Di Restoran Sederhana Batu Aji Kota Batam. Jurnal Manajemen Kuliner, 2(2), 107–115. https://doi.org/10.59193/jmn.v2i2.220

Effendy, J. (2018). Peran Modal Sosial Sebagai Upaya Pengembangan Umkm Di Desa Batu Merah Kota Ambon. Jurnal Cita Ekonomika, 12(2), 103–108. https://doi.org/10.51125/citaekonomika.v12i2.2654

Faizah, N. H. (2019). Ukm Dalam Persaingan Di Era Globalisasi Ekonomi. Upajiwa Dewantara, 3(2), 127–135. https://doi.org/10.26460/mmud.v3i2.4378

Farisa, B. M. R., Prayitno, G., & Dinanti, D. (2019). Faktor-Faktor Pembentuk Modal Sosial Masyarakat di Desa Pajaran Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Planning for Urban Region and Environment, 8(0341), 71–78.

Fathy, R. (2019). Modal Sosial: Konsep, Inklusivitas dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 1. https://doi.org/10.22146/jps.v6i1.47463

Firmando, H. B. (2021). Pemanfaatan Modal Sosial Dalam Pengembangan Sektor Perdagangan Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi di Tapanuli Utara). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 107. https://doi.org/10.30829/ajei.v6i1.8780

Hapsari, Y. A., Apriyanti, P., Hermiyanto, A., & Rozi, F. (2024). Analisa Peran UMKM Terhadap Perkembangan Ekonomi di Indonesia. 4.

HermantoSuaib. (2017). , SukuMoi: Nilai-NilaiKearifan LokalDan ModalSosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Tangerang: An1mage, 2017). 16.

Husnaeni, A., Mufida, H., & Kurniawati, H. (2023). Strategi Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Dalam. Jurnal Kajian Islam Modern, 09(02), 62–70.

Ichwan Pradana Setiaji, M. W. (2021). MODAL SOSIAL DAN KELANGSUNGAN INDUSTRI (Studi Kasus Peran Modal Sosial Dalam Kelangsungan Industri Tenun Lurik ATBM Di Desa Tlingsing, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten). Journal of Development and Social Change, 4(1), 6–18. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Judijanto, L., Yadi Heryadi, D., Sally, R., Sihombing, M., Gusti, Y. K., & Semmawi, R. (2024). Rekayasa Sosial Ekonomi: Peningkatan Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 223–229. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/24226

Margadinata, S. L. R., & Harjanti, D. (2017). Analisis Penerapan Modal Sosial pada PT. Rajawali Inti Probolinggo. Agora, 5(1), 1–6.

Muhajir. (2022). Definisi, Kriteria, Dan Konsep Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm). http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/m93qv

Prof. Dr. Alfitri, Ms. (2023). Pengukuran Modal Sosial. In A. M. Anag Dwi Santoso, SAp.,MPA & Maryati (Ed.), Idea Press Yogyakarta (1st ed.). Idea Prees Yogyakarta. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Rahayu, S. (2020). Peran Internet dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 25–36.

Santoso, T. (2020). Memahami Modal Sosial CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk provided by Scientific Repository.

Sari, D. N., & Rahmadani, F. (2021). Strategi Pengembangan Umkm Sangkar Burung Di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru. MABIS: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 150–165. https://doi.org/10.31958/mabis.v1i2.4616

Satria. (2020). Emanuel Bate Satria Dollu Modal Sosial : Studi tentang Kumpo Kampo sebagai Strategi Melestarikan Kohesivitas PadaMasyarakat Larantuka di Kabupaten Flores Timur. Jurnal Warta Governare Vol.1 .No. 1. Januari-Juli 2020. 1(1), 59–72.

Timoty Agustian Berutu, Dina Lorena Rea Sigalingging, Gaby Kasih Valentine Simanjuntak, & Friska Siburian. (2024). Pengaruh Teknologi Digital terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Neptunus: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(3), 358–370. https://doi.org/10.61132/neptunus.v2i3.258

Vilzati. (2024). PERAN MODAL SOSIAL DALAM PEMBANGUNAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL ( Kajian Realitas Sosial di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar ). 7, 652–661.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i2.9108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics